Kebun Raya Bogor

Advertisement

info wisata

Kebun Raya Bogor berada di Bogor, tepatnya beraa di pusat kota Bogor, 60 km arah selatan Jakarta. Luas tanah Kebun Raya Bogor sekitar 80 hektar yang meliputi Taman serta Istana Kepresidenan (Istana Bogor). Adapun pendiri dari Kebun Raya Bogor ialah Caspar Georg Carl Reinwardt yang pada tahun 1817 diangkat jadi Direktur Agricultal bisnis. Sebagai ahli botani, Caspar sangat tertarik untuk meneliti beragam tumbuhan yang dipakai oleh orang Jawa sebagai kebutuhaan rumah tangga serta medis. Caspa, dengan izin Gubernur memutuskan untuk merubah kebun di sekitar wilayah tempat tinggal Gubernur, Buitenzorg, jadi kebun raya di mana Dia dapat membawa beragam jenis tanaman dari seluruh wilayah nusantara. Dia jadi direktur pertama di Lands Plantentuin dan memperkenalkan 900 jenis tanaman.


Tidak hanya tumbuhan besar yang ada di Kebun Raya Bogor, namun pohon-pohon kecil serta sedang dengan bunga-bunga yang indah juga ada. Di sana adapula bunga Arnoldy rafllesia yang terkenal dengan nama bunga bangkai, selain itu, ada pula bunga fragnant frangipani yang memiliki akar yang selalu keluar dari tanah dan juga bunga lily jawa yang merupakan tanaman langka. Yang tidak kalah menarik adalah, pohon besar yang sudah berumur tua yang dijadikan sebagai rumah Kelelawar untuk bergelantungan. Kita juga bisa melihat Bajing yang berloncatan dari satu pohon ke pohon yang lain. Sementara di sekitar Istana Bogor, wisatwan bisa merasakan teduhnya deretan pohon Kenari yang rindang, hal itu karena karena memang mulanya, kebun raya adalah bagian dari halaman istana. Meskipun saat ini kedua tempat tersebut telah dipisahkan, tetapi pengunjung masih tetap bisa melihat Istana Bogor. Di dekat jalan Astrid ada juga tanaman berwarna hitam, merah serta kuning yang sengaja ditanam sebagai kesan warna bendera Belgia, hal ini dilakukan untuk menghormati Ratu Astrid yang datang untuk meresmikan bagian dari taman yang tertunda di tahun 1928.

Selain taman yang jadi pusat penelitian, para peneliti botani tersebut juga melakukan pengembangan ubi kayu sebagai salah sumber makanan alternatif, pengenalan kina yang dipakai untuk mengobati sakit malaria serta beberapa tanaman obat lainnya. Kebun Raya Bogor saat ini mempunyai lebih dari 15.000 jenis tanaman serta 50 jenis burung dan kelelawar. Terdapat pula Rumah anggrek yang mempunyai 3000 jenis anggrek dan Anda tak perlu jadi ahli botani untuk dapat menikmati keindahan di sekitar taman ini. Dengan lokasinya berada di pusat Kota Bogor, tentu tidak sulit untuk menuju Lokasi Wisata Kebun Raya Bogor dari Jakarta. Anda bisa menggunakan mobil, bis, kereta api ataupun taksi. Terdapat banyak bis maupun kereta api untuk rute ini. Dari stasiun kereta Bogor ke Kebun Raya tidaklah jauh, jika jalan kaki dari bandara Soekarno-Hatta, Anda dapat menggunakan bus Damri yang langsung menuju Bogor dengan tarif Rp 35.000.
Advertisement

ads

Kebun Raya Bogor | Ahmad Mubasyir | 5

2 komentar: